EDUMUSIKA https://edumusika.ppj.unp.ac.id/index.php/Edumusika EDUMUSIKA en-US jurnaledumusika@gmail.com (Ayuthia Mayang Sari, S.Pd., M.Sn.) rudinofindra17@gmail.com (Rudi Nofindra) Wed, 26 Jun 2024 06:27:00 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Metode Latihan Dalam kegiatan Ekstra Kurikuler Marching Band Di SMA Kartika 1-5 Padang https://edumusika.ppj.unp.ac.id/index.php/Edumusika/article/view/91 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana metode latihan yang dipakai dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Marching Band SMA Kartika 1-5 Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dari tahapan mereduksi data, menyajikan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa metode Latihan yang dipakai dalam kegiatan Ekstrakurikuler Marching Band SMA Kartika 1-5 Padang yakni terdiri dari metode ceramah, metode demonstrasi, metode drill. Metode ceramah digunakan pada saat membuka kegiatan diawal pertemuan. Pelatih menjelaskan secara umum kepada seluruh anggota Marching Band bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan harus diikuti dengan sungguh-sungguh dan mengikuti setiap latihan dengan baik. Metode demonstrasi digunakan untuk memberikan contoh dengan memperagakan dengan memainkan musik dengan baik. Metode drill digunakan untuk memberi bimbingan secara intensif kepada anggota dengan mengajak pada bagian-bagian lagu yang belum dikuasi dengan baik. Pada pelaksanaannya kegiatan ekstrakurikuler di SMA 1-5 Padang dilakukan setiap hari Sabtu pukul 08.00-11.00 WIB. Musik yang sering dimainkan antara lain lagu Indonesia Raya, Mars SMA Kartika 1-5 Padang, mengheningkan cipta, dan hymne guru. Pelatih kegiatan Ekstrakurikuler Marching Band SMA Kartika 1-5 Padang terdiri dari 3 orang yang bertanggung jawab untuk melatih bagian alat musik perkusi, alat musik melodi, dan pelatih baris berbaris menggunakan atribut bendera dan tongkat mayoret.</p> muhammad iqbal syukrillah, Yensharti Copyright (c) 2024 EDUMUSIKA https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://edumusika.ppj.unp.ac.id/index.php/Edumusika/article/view/91 Wed, 21 Aug 2024 00:00:00 +0000 Regenerasi Kesenian Tradisional Senjang Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan https://edumusika.ppj.unp.ac.id/index.php/Edumusika/article/view/84 <p>Penelitian ini merupakan penelitian mengenai regenerasi kesenian tradisional di masyarakat Kecamatan Muara Kelingi, Musi Rawas, Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan proses untuk memperoleh informasi dengan cara tanya jawab secara tatap muka antara peneliti dengan subjek yang diteliti, penelitian memberikan kebebasan kepada subjek untuk menjawab pertanyaan sesuai maksud mereka. Pertanyaan yang diajukan bisa tidak terstruktur, terbuka, sangat fleksibel. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui proses regenerasi kesenian tradisional yang berjalan dimasyarakat Kecamatan Muara Kelingi. Penelitian ini menggunakan metode wawancara terpusat. Data penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan alamiah/literasi, yang melibatkan transfer pengetahuan dari generasi tua secara langsung kepada generasi muda, memainkan peran penting dalam melestarikan teknik dan nilai-nilai kesenian Senjang. Sementara itu, pendekatan berencana/oral, melalui kegiatan komunitas dan pemanfaatan media sosial, berhasil menarik minat dan keterlibatan generasi muda dalam mempelajari dan mengembangkan kesenian ini. Meskipun dihadapkan pada tantangan seperti perubahan budaya global dan kurangnya dukungan resmi, upaya regenerasi ini menunjukkan bahwa dengan kerjasama antara keluarga, komunitas, dan pemerintah, kesenian Senjang dapat terus hidup dan berkembang sebagai bagian integral dari kekayaan budaya lokal. Dukungan yang berkelanjutan dari semua pihak menjadi kunci untuk memastikan kesinambungan dan relevansi kesenian Senjang dalam menghadapi dinamika zaman modern.</p> Rahmat Guntur Sadewo abdullah, Irdhan Epria Darma Putra Copyright (c) 2024 EDUMUSIKA https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://edumusika.ppj.unp.ac.id/index.php/Edumusika/article/view/84 Wed, 21 Aug 2024 00:00:00 +0000 Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Kegiatan Minang Sahari Di SMP Negeri 43 Padang https://edumusika.ppj.unp.ac.id/index.php/Edumusika/article/view/94 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi Kurikulum merdeka Pada Kegiatan Minang Sahari Di SMP Negeri 43 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dalam hal ini akan mendeskripsikan bagaimana Implementasi Kurikulum merdeka Pada Kegiatan Minang Sahari Di SMP Negeri 43 Padang. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap studi kepustakaan, observasi, wawancara, dokumentasi dan perekaman audio maupun video. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Kegiatan atau muatan lokal keminangkabauan disebut sebagai “MINANG SAHARI”, Kegiatan ini dilaksanakan setiap kelas pada hari selasa pagi. Untuk materi kegiatan keminangkabauan sudah diprogramkan oleh pemerintah daerah Kota padang. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada kegiatan minang sahari di SMP Negeri 43 Padang terlaksana dengan baik, terlihat bagaimana siswa-siswi dapat dengan bebas memilih kegiatan apa yang ingin mereka lakukan sesuai dengan kemampuan mereka tentu dengan bimbingan dari wali kelas dan guru seni budaya.</p> Irsyad Yuki Syahputra Mellynda, Esy Maestro Copyright (c) 2024 EDUMUSIKA https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://edumusika.ppj.unp.ac.id/index.php/Edumusika/article/view/94 Wed, 21 Aug 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya ( Musik ) di Kelas VIII SMPN 1 2X11 Enam Lingkung https://edumusika.ppj.unp.ac.id/index.php/Edumusika/article/view/89 <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar seni musik dengan memanfaatkan media audio visual sebagai media pembelajaran pada mata Pelajaran Seni Budaya kelas VIII di SMPN 1 2X11 Enam Lingkung. Instrumen penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan angket (kuisioner) yang diisi oleh siswa kelas VIII.E. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode korelasi..Pengumpulan data melalui observasi dilakukan untuk mencatat kegiatan pembelajaran yang diamati secara langsung. Instrumen tersebut disusun untuk melengkapi hasil dan juga untuk mengukur pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar SMPN 1 2X11 Enam Lingkung.. Metode pengumpulan data yang diterapkan pada penelitian adalah tes dalam bentuk angket (kuisioner). Oleh karena itu, data dikumpulkan dengan melakukan ujian tertulis kepada siswa kelas VIII.E untuk menjawab pertanyaan yang telah disusun. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,6399 antara penggunaan media audiovisual (X) dan hasil belajar (Y). Selanjutnya, dengan menggunakan uji signifikansi (uji r), kita dapat menyimpulkan bahwa nilai yang dihitung melebihi nilai tabel (0,6339 &gt; 0,3494) pada tingkat signifikansi 5% dan 0,4487 pada tingkat signifikansi 1%. .Dari hasil penelitian ini di dapatkan bahwa penggunaan media audio visual pada proses pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 2X11 Enam Lingkung.</p> Ridho Oktri Maulana, Ardipal Copyright (c) 2024 EDUMUSIKA https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://edumusika.ppj.unp.ac.id/index.php/Edumusika/article/view/89 Wed, 07 Aug 2024 00:00:00 +0000 Strategi Pembelajaran Seni Musik Di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan https://edumusika.ppj.unp.ac.id/index.php/Edumusika/article/view/53 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran ekspositori pada pembelajaran seni musik pada siswa MIA-3 kelas XII di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek ujian ini adalah instruktur mata pelajaran seni musik, materi ekspresi Musik. Strategi menggunakan tiga metode, yaitu persepsi spesifik, rapat dan dokumentasi. Strategi investigasi menggunakan model Miles dan Huberman, mulai dari mengurangi informasi, memperkenalkan informasi, hingga membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ekspositori di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan sudah berhasil. Hal ini telah lama dilakukan mengingat persyaratan, kondisi siswa dan kurangnya waktu untuk mencakup semua materi. Pelaksanaan prosedur pembelajaran deskriptif terdiri dari tiga hal, yaitu persiapan khususnya rencana contoh, pelaksanaan metodologi pembelajaran eksplanatif dalam pembelajaran Ekspresi Musik dengan menggunakan beberapa strategi pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan ini pendidik memulai dengan menyiapkan materi yang harus dikuasai. Guru juga menggabungkan materi yang diajarkan dengan gambar-gambar sesuai dengan kebutuhan sebelumnya. Pada tahap penilaian dan evaluasi, hasil belajar siswa yang menggunakan sistem ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.</p> Rahmat Kurnia Situmorang, Irdhan Epria Darma Putra Copyright (c) 2024 EDUMUSIKA https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://edumusika.ppj.unp.ac.id/index.php/Edumusika/article/view/53 Wed, 03 Jul 2024 00:00:00 +0000