Perjalanan Karir Siril Asmara sebagai Pemain Rabab di Pesisir Selatan

https://doi.org/10.24036/em.v2i1.59

Authors

Keywords:

career, Siril Asmara, rabab player

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perjalanan karir Siril Asmara sebagai pemain rabab di Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan metode biografi. Instrumen kunci penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan peralatan pengumpul data seperti pedoman wawancara, alat tulis, perekam suara, dan kamera. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Teknik dalam analisis data adalah analisis sebelum di lapangan dan analisis selama di lapangan. Hasil penelitian mengungkapkan perjalanan Siril Asmara dalam berkesenian rabab, dimulai dari awal beliau belajar rabab pada tahun 1986 hingga akhirnya menjadi pemain rabab yang dikenal banyak orang. Di usia yang masih sangat kecil beliau telah memiliki niat dan tekad untuk mempelajari kesenian rabab. Untuk mempelajari rabab pun membutuhkan waktu yang cukup lama bagi Siril Asmara. Setelah mahir memainkan rabab, Siril Asmara pun mendapat kesempatan untuk bermain di sebuah acara. Dari sinilah awal karir Siril Asmara dimulai, nama Siril Asmara langsung dikenal banyak orang karena aksi panggung dan tingkah lucu nya saat tampil menjadi hiburan bagi penonton. Selain mengisi acara dengan bermain rabab, Siril Asmara juga melakukan proses rekaman untuk pembuatan kaset. Dengan diterbitkannya kaset-kaset hasil karya Siril Asmara, karirnya pun semakin meningkat. Dengan sifat dan keterampilan yang beliau miliki selama ini beliau pantas untuk mendapat penghargaan sebagai pemain rabab profesional di Pesisir Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. 2(1), 28–36.

Aulia, K. F., Marzam, M., & Yensharti, Y. (2016). Sistem Pewarisan Kesenian Rabab Pasisie di Nagari Anakan Koto nan Duo Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Sendratasik, 5(1), 61-70.

Fatra, A., & Wimbrayardi. (2023). Analisis Bentuk (Form) Pola Ritem Penyajian Musik Sike pada Upacara Pesta Perkawinan Kabupaten Kerinci. Jurnal Edumusika, 1(1), 10-19.

Bramantijo. (2017). Menjelajah Kultur Majapahit , Mencari “Identitas” Seni Rupa Kontemporer Jawa Timur. Jurnal Budaya Nusantara, 1(1), 31–43.

Collins, M. (2020). Rabab Pasisia Selatan: Communicating Disasters during the time of Covid-19 in Indonesia’s Music Industry. 37–46.

Darmansyah. (2023). Perilaku Bermusik dalam Repertoar Rabab Pasisia Kaba Gadih Basanai. Jurnal Sendratasik, 12, 220–231. https://doi.org/10.24036/js.v12i2.122978

Darsana, I. M., & Sukaarnawa, I. G. M. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia. Mafy Media Literasi Indonesia.

Desmawardi, Hanefi, & Najmi, M. (2020). Tradisi Bakaba dalam Rabab Pasisia : Sebuah Adaptasi Menjadi Film. 359–374.

Ediwar, S. S., Minawati, R., Yulika, F., & Hanefi, M. P. (2018). Musik Tradisional Minangkabau. Gre Publishing.

Hartitom, Simatupang, G. . L. L., & Ganap, V. (2019). Rabab Pasisia sebagai Pertunjukan Seni Tutur di Kabupaten Pesisir Selatan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.24821/resital.v20i1.2588

Hidayat, D. R., Cahyawulan, W., & Alfan, R. (2019). Karier: Teori dan Aplikasi dalam Bimbingan dan Konseling Komprehensif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Lexy, J. M. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nur, N., Kusuma, K., Handayaningrum, W., & Wahyuni, E. (2022). Heri Lentho Seniman Surabaya : Biografi dan Proses Kreatif. 20(2), 165–177.

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 21–31.

SCORE. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Kerjasama dan Usaha yang Sukses. Internasional Labour Office.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Suharto. (2018). Peran Seniman Banyumas dalam Pelestarian Calung Banyumasan: Studi Kasus pada Seniman Sujiman Bawor. Indonesian Journal of Conversation, 07(01), 31–41.

Wardana, E. P., Marzam, M., & Yensharti, Y. (2013). Pewarisan Kesenian Saluang Pauah di Kecamatan Pauah Kota Padang. Jurnal Sendratasik, 2(1), 64-74.

Yensharti, Y. (2019). Pengaruh bias pemahaman substansi dasar teori musik terhadap kemampuan praktek instrumen gesek di sendratasik unp. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 1(1), 22-29.

Published

2024-02-23

How to Cite

M. Arif Fadilla Fajri, & Yensharti. (2024). Perjalanan Karir Siril Asmara sebagai Pemain Rabab di Pesisir Selatan. EDUMUSIKA, 2(1), 20–29. https://doi.org/10.24036/em.v2i1.59