Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Pembelajaran Seni Budaya di Kelas VIII SMP Negeri 4 Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Authors

  • Anggun Oktaviani Universitas Negeri Padang
  • Irdhan Epria Darma Putra Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/em.v3i2.98

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkap pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran seni budaya di kelas VIII SMP Negri 4 Lemba Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif analitis. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, didukung dengan alat pendukung seperti catatan observasi, catatan wawancara, catatan dokumen, dan catatan penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian ini memakai data primer dan data sekunder. Langkah-langkah dalam analisis data adalah mengidentifikasi data, mendeskripsikan data, mengklarifikasi data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pada bidang Pelajaran Seni dan Budaya SMP Negeri 4 Lembah Gumanti Kabupaten Solok, penggunaan LKS wajib dilakukan oleh seluruh siswa karena memudahkan dalam menjawab soal latihan. LKS seni budaya sangat membantu guru dalam mempraktekkan pembelajarannya. Fasilitas ini akan membuat siswa SMP Negeri 4 Lembah Gumanti Kabupaten Solok merasa nyaman dan meningkatkan prestasinya, hingga siswa dapat termotivasi dan melakukan hal-hal baru dan kreatif. Kehadiran media khususnya lembar kerja pembelajaran seni budaya di kelas mencegah rasa bosan dan kelelahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Dananjaya, Utomo. (2012). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.

Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayana, J. (2014). Model Pembelajaran dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pranoto. (2017). Metodologi Pembelajaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Slameto. (2007). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taaj, A., Ali, J., Epria, I., & Putra, D. (2021). Pembelajaran Seni Budaya ( Musik ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VIII-1 SMP Negeri 7 Padang Learning Arts and Culture ( Music ) During the Covid-19 Pandemic In Class VIII-1 SMP Negeri 7 Padang. 10, 129–134.

Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Zendrato, D. A., Epria, I., & Putra, D. (2021). Penggunaan Aplikasi Geschool Pada Pembelajaran Bernyanyi Secara Polifoni Di SMP Negeri 25 Padang The Use of Geschool Applications in Polyphonic Singing Learning at SMP Negeri 25 Padang. 10, 100–109.

Downloads

Published

2025-07-16

How to Cite

Oktaviani, A., & Darma Putra , I. E. (2025). Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Pembelajaran Seni Budaya di Kelas VIII SMP Negeri 4 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. EDUMUSIKA, 3(2). https://doi.org/10.24036/em.v3i2.98