Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band di SMA Negeri 1 Lebong
DOI:
https://doi.org/10.24036/em.v3i1.122Keywords:
Ekstrakurikuler, Drum Band, Sekolah Menengah AtasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler drum band di SMAN 1 Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah program ekstrakurikuler drum band di SMAN 1 Lebong masih berjalan dengan baik hingga saat ini. Kegiatan ekstrakurikuler drum band dilaksanakan secara bertahap, dimulai dengan mengumpulkan dan menyeleksi siswa yang berminat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler drum band, membuat jadwal, agenda latihan serta penyediaan materi. Kegiatan esktrakurikuler drum band di SMAN 1 Lebong tahun ajaran 2023/2024 semester 2 dilaksanakan sebanyak 7 pertemuan. Hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan eksktrakurikuler drum band di SMAN 1 Lebong dimana siswa secara bersama dapat memainkan materi latihan yang diberikan oleh pelatih dan pembina. Instrumen trumpet di SMAN 1 Lebong tidak digunakan karena adanya persepsi bahwa bermain trumpet itu sulit serta tidak adanya pelatih yang kompeten untuk instrumen trumpet.
Implementation of Drum Band Extracurricular Activities at Lebong 1 Senior High School
This study aims to determine and describe the extracurricular activities of drum band at SMAN 1 Lebong. This type of research is qualitative research with descriptive analysis method. The instrument of this research is the researcher himself and is assisted by supporting instruments such as stationery and cameras. Data were collected through literature study, observation, interviews and documentation. The steps of analyzing data are data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The result of this research is that the drum band extracurricular program at SMAN 1 Lebong is still running well until now. Drum band extracurricular activities are carried out in stages, starting with collecting and selecting students who are interested in participating in drum band extracurricular activities, making schedules, training agendas and providing materials. Drum band extracurricular activities at SMAN 1 Lebong in the academic year 2023/2024 semester 2 were carried out as many as 7 meetings. The results that have been achieved in the implementation of extracurricular drum band at SMAN 1 Lebong where students together can play the training material provided by the coach and coach. The trumpet instrument at SMAN 1 Lebong is not used because of the perception that playing the trumpet is difficult and there is no competent trainer for the trumpet instrument.
Keywords: Extracurricular, Drum band, Senior High School.
Downloads
References
Agusto, T. (2024). Metode Latihan Kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band Untuk Musik Upacara di SMP Negeri 20 Padang. EDUMUSIKA, 2(2), 99-109. https://doi.org/10.24036/em.v2i2.81
Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31.
Albasir, A. R., & Sinaga, S. S. (2017). Strategi pembelajaran pola ritmis drum band lansia desa Bandungharjo Donorojo Jepara. Universitas Negeri Semarang.
Asriliyanti, A., Permanasari, A. T., & Rosidah, L. (2019). Pengaruh Bermain Alat Musik Drum Band Terhadap Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1-10. https://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v6i1.7367
Ginting, E., & Maestro, E. (2023). Penggunaan Media Audiovisual Dalam Melatih Teknik Pernapasan Siswa Pada Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Negeri 22 Padang. EDUMUSIKA, 1(1), 84-93. https://doi.org/10.24036/em.v1i1.21
Lestari, R. Y. (2016). Peran kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan watak kewarganegaraan peserta didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2). https://dx.doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1887
Ningtyas, P. D. A. M., & Juliantari, N. K. (2022). Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Pengembangan Potensi Pesera Didik. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 329-341. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i4.3104
Putri, W. P. (2016). Pembelajaran Keterampilan Bermusik Drum Band Pada Anak Usia Dini Kelompok B Taman Kanak-Kanak Mujahidin 1 Pontianak. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Prodi Pendidikan PG PAUD.
Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Salamah, U. (2018). Pengajaran Menggunakan Metode Kaisa Dalam Menghafal Al Quran Pada Anak. TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 124-128. https://doi.org/10.32478/talimuna.v7i2.186
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159-177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705
Sugiyono, S. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Vaivi, M., & Yensharti, Y. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Drum band Di SD Negeri 48 Ganting Padang. Jurnal Sendratasik, 9(1), 18-26. https://doi.org/10.24036/jsu.v8i3.108143
Zamri, S. Z., & Maestro, E. (2025). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Drum Band di Sekolah Menengah Pertama. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 1(3), 246-255. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i3.59
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EDUMUSIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.