Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Kegiatan Minang Sahari Di SMP Negeri 43 Padang
Keywords:
Minang Sahari Activities;Implementation of the Independent Curriculum;Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi Kurikulum merdeka Pada Kegiatan Minang Sahari Di SMP Negeri 43 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dalam hal ini akan mendeskripsikan bagaimana Implementasi Kurikulum merdeka Pada Kegiatan Minang Sahari Di SMP Negeri 43 Padang. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap studi kepustakaan, observasi, wawancara, dokumentasi dan perekaman audio maupun video. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Kegiatan atau muatan lokal keminangkabauan disebut sebagai “MINANG SAHARI”, Kegiatan ini dilaksanakan setiap kelas pada hari selasa pagi. Untuk materi kegiatan keminangkabauan sudah diprogramkan oleh pemerintah daerah Kota padang. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada kegiatan minang sahari di SMP Negeri 43 Padang terlaksana dengan baik, terlihat bagaimana siswa-siswi dapat dengan bebas memilih kegiatan apa yang ingin mereka lakukan sesuai dengan kemampuan mereka tentu dengan bimbingan dari wali kelas dan guru seni budaya.
Downloads
References
Abdurrahman. (2011). Nilai-Nilai Budaya dalam Kaba Minangkabau (p. 9).
Afriani, R., Mulawarman, W. G., & Nurlaili, N. (2023). Implementasi Kurikulum merdeka dalam Pembelajaran di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 123–132. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2930
Chaniago, J., & Maestro, E. (2023). Kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band di SMP Negeri 29 Padang Extracurricular Activities of Drum Band at SMP Negeri 29 Padang. 1(202), 103–114. https://doi.org/10.24036/edumusika.vxix.xx
EMPINTANTA GINTING, & Esy Maestro. (2023). Penggunaan Media Audiovisual Dalam Melatih Teknik Pernapasan Siswa Pada Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Negeri 22 Padang. Edumusika, 1(1), 84–93. https://doi.org/10.24036/em.v1i1.21
Febraningsih, F., Hasrul, H., Ananda, A., & Khairani, K. (2022). Enkulturasi Petatah Petitih Minangkabau Sebagai Upaya Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Generasi Muda. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 7(3), 178–194. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JurnalPIPSI/article/view/3465
Harvina, S. S. (2022). Permainan Tradisional Kelereng. Seri Informasi Budaya. https://repositori.kemdikbud.go.id/27083/1/2022-Kelereng-1.pdf
Ilham Ramadan Nensin , Oriana Tio Parahita Nainggolan, M. A. (2023). Implementasi Kurikulum merdeka dalam Pembelajaran Seni Musik: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Kebumen. IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(2), 469–479. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14849%0Ahttp://digilib.isi.ac.id/14849/2/Ilham Ramadan Nensin_2023_BAB I.pdf
Kemdikbud. (2024). Kemdikbud Kurikulum merdeka. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum merdeka. Kemendikbudristek, 1–37.
Koentjaraningrat. (1974). KEBUDAYAAN SUKU MINANGKABAU. 45(1), 1–29. http://dx.doi.org/10.1016/j.refiri.2017.07.010%0Ahttp://coop-ist.cirad.fr%0Ahttp://www.theses.fr/2014AIXM5048%0Ahttp://www.cairn.info/revue-management-et-avenir-2010-6-page-84.htm%0Ahttp://www.cairn.info/bifurcations--9782707156006-page-349.htm%0Ahttp://w
Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M. P. (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah. Bumi Aksara. www.bumiaksara.co.id
Prof.Dr.H.Mahmud. (2015). Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya hal 19. PT REMAJA ROSDAKARYA.
Safira, A. N., Rakhmawati, A., & Wisnu Wardana, M. A. (2023). Implementasi Kurikulum merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Batang. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 22(2), 123–136. https://doi.org/10.21009/bahtera.222.01
Sugiyono. (2018). Memahami Perbedaan Analisis Kualitatif dan Analisis Kuantitatif Dalam Penelitian Ilmiah. Manajemen, 13–20. https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-perbedaan-analisis-kualitatif-dan-analisis-kuantitatif-dalam-penelitian-ilmiah/
Wardizal. (2001). Pengertian Minangkabau. 123(10), 2176–2181. https://cursa.ihmc.us/rid=1R440PDZR-13G3T80-2W50/4. Pautas-para-evaluar-Estilos-de-Aprendizajes.pdf
Zainuri, Ah. (2023). Manajemen Kurikulum merdeka. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Penerbit Buku Literasiologi. http://literasikitaindonesia.com/
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 EDUMUSIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.