Pembelajaran Bernyanyi Menggunakan Metode Solfegio Di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 4 Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi

https://doi.org/10.24036/em.v1i1.7

Authors

  • Adzani Fajri Prodi Pendidikan Musik, Universitas Negeri Padang Indonesia
  • Esy Maestro2 Prodi Pendidikan Musik, Universitas Negeri Padang Indonesia

Keywords:

Bernyanyi, Solfegio, Lagu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran bernyanyi dengan menggunakan metode solfegio di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 4 Sungai Penuh. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang berfokus pada upaya untuk mengubah kondisi sekarang ke arah kondisi yang diharapkan. Siklus Kemmis dan Mctaggart, yang merupakan metodologi penelitian tindakan yang digunakan, memiliki empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah dua puluh empat orang siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 4 Sungai Penuh.  Data dikumpulkan dari hasil observasi dan analisis ganda, yaitu analisis secara kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif sederhana. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, Pembelajaran bernyanyi yang dilakukan di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 4 Sungai Penuh mengalami peningkatan setelah menggunakan metode solfegio.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Destrinelli, D., & Wijayanti, M. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional dengan Metode Solfegio Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 159-175.

Abdika, Hadi. 2021. Pembelajaran Bernyanyi Secara Daring di Kelas VIII A SMP Negeri 8 Kota Padang. 10(2). 41-41

Fithrah, R., Toruan, J. L., & Maestro, E. (2012). Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Melalui Solfegio Dalam Pembelajaran Vokaldi MAN Lubukalung. Jurnal Sendratasik, 1(1), 59-68.

Kemri Firdana, Ardipal. 2020. Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Siswa Secara Unisono Menggunakan Metode Tutor Sebaya di Kelas VIL 1 SMPN 6 Sijunjung. Jurnal Sendratasik, 9(4), 117-125

Priyatna, S., Julia, J., & Iswara, P. D. Pembelajaran Vokal Pada Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Dengan Metode Solfegio Di Kelas V SD. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 551-560.

Ramadhani, R., Masrul., Dicky, N., Mustofa, A. H., I Ketut, S., Sahri., Janner, S., Meilani, S., Suhelayanti. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan.Yayasan Kita Menulis.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sulasmono, P. (2013). Peningkatan Kemampuan Vokal Melalui Metode Solfegio. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 13(1).

Kemri Firdana, Ardipal. Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Siswa Secara Unisono Menggunakan Metode Tutor Sebaya di Kelas VIL 1 SMPN 6 Sijunjung. Jurnal Sendratasik, 9(4), 117-125

Published

2023-03-02

How to Cite

Adzani Fajri, & Esy Maestro. (2023). Pembelajaran Bernyanyi Menggunakan Metode Solfegio Di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 4 Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. EDUMUSIKA, 1(1), 43–49. https://doi.org/10.24036/em.v1i1.7