Pengembangan Media Audio Visual Pada Pembelajaran PIP Gitar Elektrik di SMKN 7 Padang
Keywords:
pembelajaran PIP gitar elektrik, media audiovisualAbstract
Fenomena kasus dalam konteks ini merupakan minimnya uraian ataupun pengalaman awal dalam bermain gitar, yang bisa membatasi keahlian siswa guna menguasai serta memahami lagu yang diberikan. Riset ini mempunyai tujuan meningkatkan Media Audio Visual pada pendidikan gitar di Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Negeri 7 Padang serta demi menemukan Validitas/ kelayakan Media Audio Visual pada pendidikan gitar di Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Negeri 7 Padang. Riset ini memakai pendekatan kualitatif dengan tipe riset Riset and Development. Hasil riset mengatakan:( 1) Hasil validasi pakar media pendidikan dikategorikan“ Layak” digunakan dengan rata- rata validasi sebesar“ 94%”,( 2) Hasil validasi pakar modul pendidikan dikategorikan“ Sangat Layak” digunakan dengan rata- rata validasi sebesar“ 97%”,( 3) Hasil percobaan grup kecil dikategorikan“ Sangat Layak” dan validasi sebesar“ 86%”.
Downloads
References
Asmara, A. P. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TENTANG PEMBUATAN KOLOID. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578
Depdiknas. (2007). Permainan Berhitung Permulaan. 47.
Ferdiansyah;, & Ambiyar; (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Seni, 21(1), 1–11.
Ginting, E., & Maestro, E. (n.d.). Penggunaan Media Audiovisual dalam Melatih Teknik Pernapasan Siswa pada Ekstrakurikuler Paduan Suara The Use of Audiovisual Media in Training Student Breathing Techniques in Choir Extracurricular. https://doi.org/10.24036/Edumusika.vxix.xx
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
Nasution, R. A. (2016). Pembelajaran Seni Musik bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Keguruan UIN Sumatera Utara, 4, 11–21.
Permatasari, Y. (2019). Pengembangan LKPD Elektronik Dengan 3G Pageflip Professional Berasis Literasi Sains Pada Materi Gelombang Bunyi. UIN RIL, 561(3), S2–S3.
Pratama, O. Y., & Ferdian, R. (2022). Penerapan Primary Chord dan Secondary Chord dengan Pendekatan Primary Beat pada Mata Kuliah Harmoni Manual Application of Primary Chord and Secondary Chord with Primary Beat Approach in Manual Harmony Course. 11, 423–433.
Septiasari, E. A., & Sumaryanti, S. (2022). Pengembangan tes kebugaran jasmani untuk anak tunanetra menggunakan modifikasi harvard step test tingkat sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.21831/jpok.v3i1.18003
Toatubun, F. A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran (Peserta Didik dalam Teori Nativisme, Empirisme, Konvergensi dan Fitrah). Horizon Pendidikan8, 8(1).
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 EDUMUSIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.