Pembelajaran Materi Musik Sederhana Dalam Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas VII-5 SMPN 5 Mandau
Keywords:
Pembelajaran; Musik Sederhana; Seni BudayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pembelajaran Materi Musik Sederhana dalam Pembalejaran Seni Budaya di Kelas VII-5 SMPN 5 Mandau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrument pendukung seperti alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengklasifikasi data, mengklarifikasi data, menganalisis data, mendeskripsikan dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan SMP N 5 Mandau masih kurang efisien karena guru belum mampu memilih metode atau strategi atau pendekatan pembelajaran yang relevan. Maka Guru perlu lebih memperhatikan karakter siswa, yang mana minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran musik ansambel dinilai masih kurang yang dapat dilihat dari kurang antusiasnya beberapa siswa selama proses pembelajaran. Kurangnya tenaga pendidik yang benar benar menguasai seni musik di SMP N 5 Mandau, sehingga guru yang mengajar Seni Budaya tidak dapat melakukan proses pembelajaran secara maksimal.
Downloads
References
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kerinci. (2003). Adat dan Budaya Daerah Kerinci. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kerinci: Kerinci.
Djelantik, A. A. M. (1999). Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.
Kayam, Umar (1981). Seni Tradisi Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan.
Miller, Hugh M, tt. Pengantar Apresiasi Musik, Alih Bahasa: Bramntyo PS
Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Remaja Rosda Karya.
Nettle, Bruno. 1964. Theory and Method in Ethnomusicology. New York: The Free Press Division of Mac Milan Publishing
Poerwadarminta (1985). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : PN Balai Pustaka.
Sedyawati, Edi (1981). Pertumbuhan Seni Pertunjukan. Jakarta : Sinar Harapan.
Sugiyono, 2011 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitati, dan R&D. Bandung : Alfabeta cv.
Zakaria, Iskandar. (1984). Tambo Kerinci II. Sungai Penuh. Izkandar Zakaria
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 EDUMUSIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.