Tantangan dan Strategi Guru Seni Budaya terhadap Siswa Inklusif pada Pembelajaran Talempong Pacik Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang

Authors

  • Nasyiah Diova Hazfira Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Robby Ferdian Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24036/em.v3i1.108

Keywords:

Tantangan, Strategi, Seni Budaya, Talempong Pacik, Pendidikan Inklusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tantangan dan strategi yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pendidikan inklusi di kelas VIII SMP N 30 Padang. Tujuan penelitian kualitatif yaitu untuk menjelaskan dan menggambarkan bagaimana proses pembelajaran yang dihadapi guru seni budaya terhadap siswa inklusif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama, dibantu dengan intrumen pendukung seperti alat tulis, kamera dan perekam suara. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendidikan inklusif adalah layanan pendidikan yang tidak membedakan latar belakang dan memenuhi kebutuhan semua siswa tanpa membedakan siswa reguler atau berkebutuhan khusus.  Implementasi pendidikan inklusif memerlukan adanya keterlibatan dan dukungan seluruh komponen dari berbagai pihak terutama guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya tantangan yang dihadapi oleh guru seni budaya dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif pada pembelajaran musik tradisional Talempong Pacik di antaranya, tantangan yang berkaitan dengan siswa, tantangan yang berkaitan dengan guru dan tantangan yang berkaitan dengan instrumen serta teknik penilaian pembelajaran dan strategi yang diterapkan oleh guru seni budaya terlihat belum memenuhi kriteria untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardina, M. D. (2012). Implementasi pembelajaran musik untuk mengembangkan mental dan psikomotorik anak penderita down syndrom. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 12(2). https://doi.org/10.15294/harmonia.v12i2.2520

Bintang, J. M., Kusuma, K. T., & Nugraha, K. W. (2024). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Slow Learner. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 237-254. https://doi.org/10.33507/tarbi.v3i2.1993

Dayakisni, T. (2009). Psikologi sosial. UMM Press.

Linda, F., Pitoewas, B., & Yanzi, H. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Guru Dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi. Jurnal Kultur Demokrasi, 4(5). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/11367

Hidayat, H. (2009). Model dan Strategi Pembelajaran ABK dalam Setting Pendidikan Inklusif. Makalah Workshop. Balikpapan.

Kustawan, D. (2006). Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Uji Coba Implementasi Pendidikan Inklusif (Studi kasus tentang penilaian hasil belajar oleh guru di sekolah uji coba implementasi pendidikan inklusif SDN X di kota Sukabumi. Thesis. UPI: Bandung.

Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus (abk) di kelas inklusif di sd plus darul'ulum jombang. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2), 201-227. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/religi/article/view/421

Mariani, E., & Sulasmono, B. S. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 205-216. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p205-216

Mellymayanti, H., Nurfadhillah, S., & Nuraeni, Y. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 1(1), 40-49. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.29

Riyadi, L., & Aprillia, A. (2024). Pendekatan Inklusif dalam Pengajaran Musik: Strategi, Pelatihan, dan Adaptasi Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus. Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni, 7(2), 103-115. https://doi.org/10.37368/tonika.v7i2.770

Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4704

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Widyawati, R. (2017). Evaluasi pelaksanaan program inklusi sekolah dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109-120. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p109-120

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Hazfira, N. D., & Ferdian, R. (2025). Tantangan dan Strategi Guru Seni Budaya terhadap Siswa Inklusif pada Pembelajaran Talempong Pacik Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. EDUMUSIKA, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.24036/em.v3i1.108

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.