Tantangan dan Strategi Guru Seni Budaya terhadap Siswa Inklusif pada Pembelajaran Talempong Pacik Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/em.v3i1.108Keywords:
Tantangan, Strategi, Seni Budaya, Talempong Pacik, Pendidikan InklusiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tantangan dan strategi yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pendidikan inklusi di kelas VIII SMP N 30 Padang. Tujuan penelitian kualitatif yaitu untuk menjelaskan dan menggambarkan bagaimana proses pembelajaran yang dihadapi guru seni budaya terhadap siswa inklusif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama, dibantu dengan intrumen pendukung seperti alat tulis, kamera dan perekam suara. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendidikan inklusif adalah layanan pendidikan yang tidak membedakan latar belakang dan memenuhi kebutuhan semua siswa tanpa membedakan siswa reguler atau berkebutuhan khusus. Implementasi pendidikan inklusif memerlukan adanya keterlibatan dan dukungan seluruh komponen dari berbagai pihak terutama guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya tantangan yang dihadapi oleh guru seni budaya dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif pada pembelajaran musik tradisional Talempong Pacik di antaranya, tantangan yang berkaitan dengan siswa, tantangan yang berkaitan dengan guru dan tantangan yang berkaitan dengan instrumen serta teknik penilaian pembelajaran dan strategi yang diterapkan oleh guru seni budaya terlihat belum memenuhi kriteria untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Downloads
References
Ardina, M. D. (2012). Implementasi pembelajaran musik untuk mengembangkan mental dan psikomotorik anak penderita down syndrom. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 12(2). https://doi.org/10.15294/harmonia.v12i2.2520
Bintang, J. M., Kusuma, K. T., & Nugraha, K. W. (2024). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Slow Learner. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 237-254. https://doi.org/10.33507/tarbi.v3i2.1993
Dayakisni, T. (2009). Psikologi sosial. UMM Press.
Linda, F., Pitoewas, B., & Yanzi, H. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Guru Dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi. Jurnal Kultur Demokrasi, 4(5). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/11367
Hidayat, H. (2009). Model dan Strategi Pembelajaran ABK dalam Setting Pendidikan Inklusif. Makalah Workshop. Balikpapan.
Kustawan, D. (2006). Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Uji Coba Implementasi Pendidikan Inklusif (Studi kasus tentang penilaian hasil belajar oleh guru di sekolah uji coba implementasi pendidikan inklusif SDN X di kota Sukabumi. Thesis. UPI: Bandung.
Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus (abk) di kelas inklusif di sd plus darul'ulum jombang. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2), 201-227. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/religi/article/view/421
Mariani, E., & Sulasmono, B. S. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 205-216. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p205-216
Mellymayanti, H., Nurfadhillah, S., & Nuraeni, Y. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 1(1), 40-49. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.29
Riyadi, L., & Aprillia, A. (2024). Pendekatan Inklusif dalam Pengajaran Musik: Strategi, Pelatihan, dan Adaptasi Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus. Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni, 7(2), 103-115. https://doi.org/10.37368/tonika.v7i2.770
Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4704
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Widyawati, R. (2017). Evaluasi pelaksanaan program inklusi sekolah dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109-120. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p109-120
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EDUMUSIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.