Strategi Pembelajaran Seni Musik Di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan

https://doi.org/10.24036/em.v2i3.53

Authors

  • Rahmat Kurnia Situmorang Universitas Negeri Padang
  • Irdhan Epria Darma Putra Prodi Pendidikan Musik

Keywords:

musik, Pembelajaran; Musik Sederhana; Seni Budaya, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran ekspositori pada pembelajaran seni musik pada siswa MIA-3 kelas XII di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek ujian ini adalah instruktur mata pelajaran seni musik, materi ekspresi Musik. Strategi menggunakan tiga metode, yaitu persepsi spesifik, rapat dan dokumentasi. Strategi investigasi menggunakan model Miles dan Huberman, mulai dari mengurangi informasi, memperkenalkan informasi, hingga membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ekspositori di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan sudah berhasil. Hal ini telah lama dilakukan mengingat persyaratan, kondisi siswa dan kurangnya waktu untuk mencakup semua materi. Pelaksanaan prosedur pembelajaran deskriptif terdiri dari tiga hal, yaitu persiapan khususnya rencana contoh, pelaksanaan metodologi pembelajaran eksplanatif dalam pembelajaran Ekspresi Musik dengan menggunakan beberapa strategi pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan ini pendidik memulai dengan menyiapkan materi yang harus dikuasai. Guru juga menggabungkan materi yang diajarkan dengan gambar-gambar sesuai dengan kebutuhan sebelumnya. Pada tahap penilaian dan evaluasi, hasil belajar siswa yang menggunakan sistem ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal, 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers.

Aswan, S. B. &., 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bahri, S. & Aswan, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.

Fajri, A. & Maestro, E., 2023. Pembelajaran Bernyanyi Menggunakan Metode Solfegio Dikelas XII IPA 2 SMA Negeri 4 Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Edumusika: JurnalIlmiah Pendidikan Musik, Volume Vol. 1 Nomor 1, p. 44.

Fathurrohman, P., 2007. Strategi Belajar-Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Fernando, D. & Lumbantoruan, J., 2023. Pembelajaran Materi Musik Sederhana Dalam Pembelajaran Seni BudayaDi Kelas VII-5 SMPN 5 Mandau. Edumusika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Musik, Volume Vol. 1 Nomor 1, p. 2.

Hamlik, 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huberman, M. M. &. A., 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Mulyasa, 2006. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Rahmawati, M. & Hidayat, H. A., 2023. Strategi Pembelajaran Bernyanyi Lagu Daerah Di SMP Negeri 7 Padang. Edumusika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Musik, Volume Vol 1 No 1, p. 2.

Sanjaya, W., 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Pendidikan. 11 ed. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Simanjuntak, S. & Ardipal, 2023. Pembelajaran Ansambel di Kelas VII-F SMP Negeri 30 Padang. Edumusika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Musik, Volume Vol 1 No2, p. 183.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syafaruddin dan Irawan Nasution, 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.

Wena, M., 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, K. & Y., 2023. Pembelajaran Ansambel Sejenis Kelas VIII Di SMP Angkasa Lanud Padang. Edumusika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Musik, Volume Vol. 1 No. 1, p. 79.

Yudha, F. A. & Ardipal, 2023. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar BernyanyiSiswa Dalam Pembelajaran Seni Budaya Melalui Metode Latihan Di Kelas VII A Smp PembangunanLaboratoriumUnp. Edumusika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Musik, Volume Vol. 1 No.1, p. 121.

Published

2024-07-03

How to Cite

Situmorang, R. K., & Irdhan Epria Darma Putra. (2024). Strategi Pembelajaran Seni Musik Di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. EDUMUSIKA, 2(3), 158–163. https://doi.org/10.24036/em.v2i3.53