Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya ( Musik ) di Kelas VIII SMPN 1 2X11 Enam Lingkung

https://doi.org/10.24036/em.v2i3.89

Authors

  • Ridho Oktri Maulana universitas negeri padang
  • Ardipal Prodi Pendidikan Musik, Universitas Negeri Padang

Keywords:

Pengaruh; media audio visual; hasil belajar; korelasi;

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar seni musik dengan memanfaatkan media audio visual sebagai media pembelajaran pada mata Pelajaran Seni Budaya kelas VIII di SMPN 1 2X11 Enam Lingkung. Instrumen penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan angket (kuisioner) yang diisi oleh siswa kelas VIII.E. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode korelasi..Pengumpulan data melalui observasi dilakukan untuk mencatat kegiatan pembelajaran yang diamati secara langsung. Instrumen tersebut disusun untuk melengkapi hasil dan juga untuk mengukur pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar SMPN 1 2X11 Enam Lingkung.. Metode pengumpulan data yang diterapkan pada penelitian adalah tes dalam bentuk angket (kuisioner). Oleh karena itu, data dikumpulkan dengan melakukan ujian tertulis kepada siswa kelas VIII.E untuk menjawab pertanyaan yang telah disusun. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,6399 antara penggunaan media audiovisual (X) dan hasil belajar (Y). Selanjutnya, dengan menggunakan uji signifikansi (uji r), kita dapat menyimpulkan bahwa nilai yang dihitung melebihi nilai tabel (0,6339 > 0,3494) pada tingkat signifikansi 5% dan 0,4487 pada tingkat signifikansi 1%. .Dari hasil penelitian ini di dapatkan bahwa penggunaan media audio visual pada proses pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 2X11 Enam Lingkung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian, P., Handayani, S., & Utami, M. (2023). Web-Based Learning Media Information System Case Study Of 05 Tebat Karai State Elemehntary School. Jurnal Komputer, Informasi …, 3(2), 413–422. https://penerbitadm.com/index.php/KOMITEK/article/view/1469%0Ahttps://penerbitadm.com/index.php/KOMITEK/article/download/1469/1886

Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 47. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245

Edo Parci Pratama, & Yos Sudarman. (2023). Penggunaan Aplikasi Google-form Pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Sungai Penuh. Edumusika, 1(1), 20–32. https://doi.org/10.24036/em.v1i1.5

Fatia Apriliana Yudha, & Ardipal. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bernyanyi Siswa Dalam Pembelajaran Seni Budaya Melalui Metode Latihan Di Kelas VII A Smp Pembangunan Laboratorium UNP. Edumusika, 1(1), 122–129. https://doi.org/10.24036/em.v1i1.23

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49–63. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.75

Hidayat, W., Jahari, J., & Nurul Shyfa, C. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

Rahman, A., & Irdhan Epria Darma Putra. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Pada Pembelajaran PIP Gitar Elektrik di SMKN 7 Padang. Edumusika, 1(2), 145–151. https://doi.org/10.24036/em.v1i2.37

Safitri, R. L., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Materi Siklus Air pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8746–8753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3939

Sofiah, D., & Kurniawan, G. (2019). Hubungan self-efficacy dengan employee work engagement pada karyawan. Fenomena, 28(1), 54–61. https://doi.org/10.30996/fn.v28i1.2641

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Sya’bana, F. N. R., & Agustina, M. (2020). Hubungan Tingkat Sosial Ekonomi Dengan Pemahaman Gizi Orangtua. Jurnal Pendidikan Modern, 5(3), 127–131. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i3.95

Wahyudi, & Yensharti. (2023). Pembelajaran Biola Di Lembaga Kursus Purwacaraka Music Studio Padang. Edumusika, 1(1), 50–57. https://doi.org/10.24036/em.v1i1.8

Wardah, A. (2020). Keterbukaan Diri dan Regulasi Emosi Peserta didik SMP Korban Bullying. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 183–192. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.410

Zamnoor, P. S. A., Afifah, S. Z., & Rosalina, S. (2023). Pengembangan Media Ajar Bahasa Indonesia Berbentuk Audio Visual Berupa Wayang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2408–2410. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1834

Published

2024-08-07

How to Cite

Oktri Maulana, R., & Ardipal. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya ( Musik ) di Kelas VIII SMPN 1 2X11 Enam Lingkung. EDUMUSIKA, 2(3), 164–175. https://doi.org/10.24036/em.v2i3.89