Penggunaan Aplikasi Google-form Pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Sungai Penuh

https://doi.org/10.24036/em.v1i1.5

Authors

Keywords:

Google-form; Umpan Balik;Pembelajaran Seni Budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi google-form untuk pemberian umpan balik oleh guru terhadap hasil penilaian siswa pada pembelajaran seni budaya (musik) yang berlangsung pada semester ganjil tahun ajaran 2021 pada pelajaran seni musik di kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Sungai Penuh. Masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana guru dapat memberikan umpan balik hasil penilaian yang benar dan akurat menggunakan google-form agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Jenis penelitian adalah kualitatif, dengan metode deskriptif analisis.Yang menjadi objek penelitian adalah kegiatan guru membuat ujian dan mengoperasikangoogle-form, sehingga pada saat dijelaskannya penggunaan aplikasi Whatsapp, umpan balik hasil penilaian yang diberikan dan yang diterima oleh siswa bisa berlangsung dengan baik.Instrumen penelitian adalah catatan pengamatan, catatan wawancara, dan dokumen.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka.Analisis data dilakukan dengan 8 tahapan teknis yaitu (1)pengumpulan; (2)pemindahan; (3)penandaan; (4)pengelompokkan; (5)pengabsahan; (6)penjelasan; (7)pembahasan; dan (8)Tahap penyimpulan.Hasil penelitian telah mendeskripsikan bahwa dengan penggunaan google-form untuk pelaksanaan ulangan harian, memacu siswa untuk dapat mengerjakannya dengan lebih mudah dan cermat.Setelah ujian dilaksanakan guru juga dengan cepat dapat memberikan umpan balik hasil penilaian kepada siswa tersebut, karena data pengolahan hasil ujian dengan google-form juga lebih akurat.Terbukti sejak dilaksanakannya ujian harian-1 dengan pencapaian hasil belajar 55%, setelah diberi umpan balik lewat aplikasi Whatsapp group, capaian hasil belajar siswa di ulangan harian-2 meningkat menjadi 67%.maka bisa dikatakan bahwa aplikasi google-form dalam penggunaanya dapat memberikan umpan balik hasil dari sebuah penilaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan M. Zaim. (2004).Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru; Cetakan ke-V. Surabaya: Usaha Nasional.

Gulo, Wdidyastuti. (2002). Strategi Belajar Mengajar; Cetakan ke-II. Jakarta: Grasindo.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. ISBN:9780979-692-447-9. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian dan Proses Hasil Belajar: Bandung: Rineka Cipta.

Sugiyono, (2006). Metodologi Penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Winkel, WS. (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Published

2023-03-02

How to Cite

Edo Parci Pratama, & Yos Sudarman. (2023). Penggunaan Aplikasi Google-form Pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Sungai Penuh. EDUMUSIKA, 1(1), 20–32. https://doi.org/10.24036/em.v1i1.5