Kompetensi Pedagogik Guru Seni Budaya Dalam Proses Pembelajaran Seni Budaya Pada Kelas XI IPS SMA N 1 Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota

https://doi.org/10.24036/em.v1i2.27

Authors

Keywords:

Kompetensi, Pedagogik, Seni budaya

Abstract

Di kelas XI IPS SMA Negri I Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten 50 Kota, pengamatan ini bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran seni budaya. Dengan mengamati bagaimana guru seni budaya kelas XI IPS melakukan proses pembelajaran seni budaya maka dilakukan penelitian deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, jurnal, dokumentasi, dan sumber lain digunakan untuk mengumpulkan data. Observasi bertujuan untuk mengamati fenomena yang dapat diamati di lapangan. Tujuan dari wawancara adalah untuk mengumpulkan informasi dari guru seni budaya. Dokumentasi, khususnya foto proses berjalannya pembelajaran seni budaya dan data yang dibutuhkan dari sekolah. Menganalisis data meliputi beberapa langkah, termasuk mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, setelah itu baru mengambil kesimpulan.

Temuan penelitian ini menampilkan bahwa guru seni dan budaya memiliki kompetensi pedagogik yang tergolong cukup baik dalam mengajar seni budaya. Kemampuan seorang guru dalam mengelola pembelajaran bagi siswanya dianggap sebagai kompetensi pedagogik guru. Berdasarkan temuan observasi yang dilakukan terkait kecakapan guru seni budaya dalam pengelolaan proses pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Kecamatan Bukik Barisan, guru telah berhasil melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana. Terkait kompetensi pedagogik, guru mampu mengendalikan keadaan dan suasana kelas selama proses pembelajaran seni budaya, sehingga kelas berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Meskipun ada beberapa peserta didik yang masih kurang percaya diri ketika maju untuk tampil di depan lokal, namun guru selalu berusaha memotivasi siswa agar kegiatan praktikum dapat berjalan lancar. Hampir semua siswa mampu mendemonstrasikan praktik yang baik selama proses pembelajaran. Setiap keunikan dan karakteristik siswa dapat dipahami oleh guru, dengan begitu guru dapat membantu siswa mencapai potensi penuh mereka. Guru juga telah melaksanakan evaluasi penilaian, dilihat dari pemahaman yang dimiliki oleh siswa serta praktik yang dilakukan oleh murid sudah selaras dengan tujuan dalam pembelajaran. Guru melakukan evaluasi dan menggunakannya sebagai acuan untuk perbaikan proses pembelajaran di masa mendatang. Guru juga telah melaksanakan evaluasi penilaian, dilihat dari pemahaman yang dimiliki oleh siswa serta praktik yang dilakukan oleh murid sudah selaras dengan tujuan dalam pembelajaran. Guru melakukan evaluasi dan menggunakannya sebagai acuan untuk perbaikan proses pembelajaran di masa mendatang. Guru juga telah melaksanakan evaluasi penilaian, dilihat dari pemahaman yang dimiliki oleh siswa serta praktik yang dilakukan oleh murid sudah selaras dengan tujuan dalam pembelajaran. Guru melakukan evaluasi dan menggunakannya sebagai acuan untuk perbaikan proses pembelajaran di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Bakri. "Kompetensi pedagogik sebagai agen pembelajaran." Jurnal Shaut Al-Arabiyah 6.2 (2018): 114-125.

Ikbal, Rangga, Erfan Erfan, and Yensharti Yensharti. "Studi Deskriptif Mengenai Kompetensi Guru Yang Mengampu Mata Pelajaran Pengembangan Musik Di SLB 2 Padang." Jurnal Sendratasik 8.3 (2019): 77-83.

Indonesia, Republik. "Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru." Jakarta: Seketariat Negara (2007).

Indonesia, Republik. "Undang-undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen." Jakarta: BP Cipta Jaya (2005).

Kurnia, Dedi, Jagar Lumban Toruan, and Tulus Handra Kadir. "Studi Deskriptif Kompetensi Pedagogik Guru Seni Budaya di SMAN 3 Kota Pariaman." Jurnal Sendratasik 6.2 (2018): 62-68.

Moleong, Lexi J. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuraeni, Lenny, and Arifah Riyanto. "Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD (Studi Deskriptif Pada Pendidik Paud Di Kota Cimahi)." Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi 4.1 (2017): 21-29.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suriani, Mimi. Kompetensi Profesional guru Seni Budaya (Seni Musik) Kelas X Di SMK Negeri 1 Pekanbaru Tahun Ajaran 2019/2020. Diss. Universitas Islam Riau, 2021.

Syukron, Afdhal, and Jagar Lumbantoruan. "Studi Deskriptif Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Musik Ensambel Sejenis di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kerinci." Jurnal Sendratasik 11.3 (2022): 369-380.

Wahyudi, Laksmono, Tri Kuncoro, and Ahmad Dardiri. "Pengaruh Kinerja Pedagogik Guru dan Kondisi Lingkungan terhadap Minat Kerja dan Dampaknya pada Hasil Belajar Siswa SMK." Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya 41.1 (2018): 55-66.

Zahroh, Aminatul. 2015. Membangun Kualitas Pembelajaran melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.

Published

2023-09-12

How to Cite

Jerry Rahmad, & Ardipal. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Seni Budaya Dalam Proses Pembelajaran Seni Budaya Pada Kelas XI IPS SMA N 1 Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota. EDUMUSIKA, 1(2), 136–144. https://doi.org/10.24036/em.v1i2.27