Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Musik di SMP Negeri 48 Satu Atap Kerinci
DOI:
https://doi.org/10.24036/em.v3i1.133Keywords:
Discovery Learning, Pembelajaran Musik, Musik TradisionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni musik pada materi musik tradisional berbasis seruling bambu Kerinci di SMP 48 Satu Atap Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pembelajaran dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam empat pertemuan, dengan tujuan utama: (1) mengenalkan karakteristik musik tradisional Kerinci, khususnya seruling bambu; (2) mengidentifikasi struktur fisik serta teknik dasar memainkannya; (3) memainkan pola nada sederhana; dan (4) menciptakan serta menampilkan aransemen sederhana dalam format pertunjukan kelompok. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa siswa tidak hanya memperoleh pemahaman konseptual dan keterampilan musikal, tetapi juga membangun apresiasi serta sikap positif terhadap kebudayaan lokal. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa pembelajaran seni berbasis budaya lokal dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa sekaligus melestarikan warisan budaya daerah. Metode pembelajaran ini direkomendasikan untuk diadopsi secara lebih luas, dengan dukungan kebijakan pendidikan yang responsif terhadap kearifan lokal.
The Implementation of the Discovery Learning Method in Music Learning at Atap Kerinci 48 Junior High School
This study aims to describe the process of music education focused on traditional music using the Kerinci bamboo flute at SMP Negeri 48 Satu Atap Kerinci. The research employed a qualitative method with a descriptive approach. The learning process was carried out through the stages of planning, implementation, and evaluation. The instruction was conducted over four sessions, with the main objectives being to: (1) introduce the characteristics of Kerinci traditional music, particularly the bamboo flute; (2) identify its physical structure and basic playing techniques; (3) play simple melodic patterns; and (4) create and perform simple arrangements in group performance formats. The results show that students not only gained conceptual understanding and musical skills but also developed appreciation and a positive attitude toward local culture. The findings indicate that culturally-based arts education can serve as an effective means to enhance student competencies while simultaneously preserving regional cultural heritage. This teaching method is recommended for broader adoption, supported by educational policies that are responsive to local wisdom.
Keywords: Discovery Learning, Music Learning, Traditional Music.
Downloads
References
Angelia, N. (2024). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Seni Musik Melalui Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(1), 255-260. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.30
Ilham, D. (2019). Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122. https://doi.org/10.58230/27454312.73
Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Lamadang, K. P., Mufarrihah, A., Iftitah, A., & Mawaddah, M. (2024). Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Potensi Peserta Didik Melalui Pemahaman Gaya Belajar Pada Taman Kanak-Kanak Kelompok B. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 97-115. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i1.894
Kemendikbud. (2015). Modul 5: Pembelajaran Discovery Learning & Problem Based Learning (hal. 1–30).
Maisasna, M. (2018). Peningkatan Strategi Pembelajaran Musik untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas IX. 10 di SMP Negeri 13 Pekanbaru. Instructional Development Journal, 1(2), 67-80. http://dx.doi.org/10.24014/idj.v1i2.6463
Nurhasni, N. (2017). Belajar dan mengajar berdasarkan standar proses pendidikan. Bappeda, 03(1), 53–59.
Rama, B., & Rasyid, M. R. (2022). Nuansa Pendidikan Islam Dalam UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas: Peran dan Tujuan Pendidikan Nasional. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 93-100. https://doi.org/10.58540/pijar.v1i1.133
Riyadi, L., & Budiman, N. (2023). Capaian pembelajaran seni musik pada Kurikulum Merdeka sebagai wujud merdeka belajar. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 5(1), 40-50. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v5i1.104
Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya strategi pembelajaran yang tepat bagi siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32-37. https://doi.org/10.37755/jsap.v10i2.517
Sari, A. M., Ferdian, R., Pratama, O. Y., Efendi, N., & Dhari, B. W. (2024). Interactive E-Modules for Arts Education: Improving Comprehension and Engagement in Nusantara Music Courses. Jurnal Edutech Undiksha, 12(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v12i2.86881
Sofiyanti, E. (2016). Peningkatan Kreativitas Bermain Musik Ansambel dengan Metode Discovery Learning. Dinamika Pendidikan, 6(3). http://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/513
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate kelas X pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337-347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2019). Peran konselor dalam mengembangkan potensi peserta didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92-100. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45
Wirabumi, R. (2020). Metode pembelajaran ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113). https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660
Yuliani, W., & Supriatna, E. (2023). Metode penelitian bagi pemula. Penerbit Widina.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EDUMUSIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.