Penggunaan Whatsapp Pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Di Sma Negeri 5 Padang

https://doi.org/10.24036/em.v1i1.6

Authors

  • Jaka Handika Prodi Pendidikan Musik, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yos Sudarman Prodi Pendidikan Musik, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Daring, Whatsapp, Seni Musik.

Abstract

Penelitian dengan judul Penggunaan Whatsapp Pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Di SMA Negeri 5 Padang membahas tentang bagaimana proses pembelajaran daring khususnya pada mata pelajaran seni budaya. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif. Instrument penelitian dalam skripsi ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu oleh instrument pendukung lainnya seperti alat tulis dan  handphone. Dalam teknik pengumpulan data penulis melakukan studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah, pelaksanaan pembelajaran daring di SMAN 5 Padang dilaksanakan dengan sistem shift/bergantian. Pembelajaran daring seni budaya (musik) dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi whatsapp karena aplikasi ini lebih mudah diakses dan paling umum digunakan oleh guru dan siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring seni budaya (musik) terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru seperti sulitnya menyampaikan materi yang seharusnya juga diiringi dengan praktik. Sedangkan kendala utama yang dihadapi oleh siswa yaitu penyampaian materi yang tidak merata. Guru hanya menyampaikan materi secara langsung kepada siswa yang belajar luring (tatap muka), sedangkan siswa yang belajar daring hanya diberikan video pembelajaran dan tugas melalui Whatsapp.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ikasari, Y. & Satriyani, F. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Tata Surya di Kelas VI Sekolah Dasar Muhammadiyah 06 Tebet Jakarta. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2) 195-205

Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan 1 (2) : 95 105

Naselia, B. & Indrayuda. 2021. Penggunaan Aplikasi Whatsapp Dalam Pembelajaran Seni Tari di SMA N 12 Padang. Jurnal Sendratasik, 10(3). 43-51.

Shah Idrus, F. & Sudarman, Y. 2020. Belajar Rekorder Dengan Bantuan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran Seni Musik DI SMP Negeri 14 Solok Selatan Pada Masa Pandemi Covid-19. e-Jurnal Sendratasik, 9(4) 99-107

Suci, R. & Yuliasma. 2020. Penggunaan Alat Komunikasi Grup Whatsapp Dalam Pembelajaran Seni Tari di Kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Bukittinggi. e-Jurnal Sendratasik, 9(4) 63-70.

Sujana, Nana. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar 4 (1) : 29-39.

Susetyo, A.2017. Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Semarang. Jurnal Seni Musik 6(2) : 1-8.

Wahid, A. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istigra’ 5(2): 1-11.

Wahyudi. (2012). Pengembangan Pendidikan; Strategi Inovatif dan Kreatif dalam Mengelola Pendidikan Secara Kompreehnsif; Cetakan Pertama. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Widyanti, T. & Putra, I. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Seni Budaya di Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. e-Jurnal Sendratasik, 9(3), 15-21.

Published

2023-03-02

How to Cite

Jaka Handika, & Yos Sudarman. (2023). Penggunaan Whatsapp Pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Di Sma Negeri 5 Padang. EDUMUSIKA, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.24036/em.v1i1.6