Pelaksanaan Pembelajaran Ansambel Pianika Menggunakan Metode Latihan di Kelas VII.3 di SMP Negeri 1 Kinali

https://doi.org/10.24036/em.v2i1.48

Authors

Keywords:

pelaksanaan, pembelajaran, ansambel pianika, metode latihan

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran musik ensambel pianika menggunakan metode latihan dilaksanakan dalam bentuk belajar mandiri tanpa bimbingan dari guru mengakibatkan siswa belum terampil memainkan alat musik pianika secara tepat. Keterampilan dasar yang sangat dibutuhkan dalam memainkan alat musik pianika melalui latihan penjarian dan pernapasan sehingga ritme dan melodi yang dimainkan harmonis. Tujuan penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran ansambel pianika menggunakan metode latihan di SMP Negeri 1 kinali. Rancangan penelitian yaitu : 1. Identifikasi dan analisis kemampuan awal bermain alat musik pianika siswa, 2. Pembelajaran ansambel pianika menggunakan metode latihan mencakup : (a) Latihan peniupan dan penjarian, (b) melatih penjarian pada tanaga nada C mayor, (c) Melatih penjarian dengan mengunakan notasi lagu Apuse, (d) capaian semua teknik hasil penelitian ini adalah (a) siswa belum terampil memainkan alat musik pianika pernapasan dan penjarian yang tepat, (b) siswa belum terampil memainkan lagu Apuse sesuai partitur yang terdiri dari notasi, ketukan, meter, tempo, nada, tangga nada, interval nada dan kunci nada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguayo Torrez, M. V. (2021). Meningkatan Hasil Belajar Bermain Musik Ansambel Melalui Metode Tutor Sebaya Kelas VIID SMP Negeri 14 Purworejo. https://lib.unnes.ac.id

Asfar, T., Asfar, I. A., Asfar, A. H., & Kurnia, A. (2020). Landasan Pendidikan: Hakikat Dan Tujuan Pendidikan (Foundation Of Education: Essence And Educational Objectives). Jurnal Pendidikan Dan Edukasi, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.22158.10566

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 3 PADANG PANJANG. NBER Working Papers, 20, 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Hartono, H., & Syeilendra, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Musik Talempong Pacik Di Kelas Viii-1 Smp Islam Al-Azhar Kota Padang. Jurnal Sendratasik, 10(1), 168. https://doi.org/10.24036/jsu.v9i2.110530

Husna, A. H., & Maestro, E. (2020). Pembelajaran Bernyanyi Secara Unisono Di Kelas Vii-1 Smp Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Sendratasik, 9(1), 27. https://doi.org/10.24036/jsu.v8i3.108144

Krisma Setia, S., & Erfan, E. (2020). Studi Deskriptif Pembelajaran Ansambel Di Smp Negeri 29 Padang. Jurnal Sendratasik, 9(2), 47. https://doi.org/10.24036/jsu.v9i1.109492

Nugroho, M. A., Florentinusa, T. S., & Lestari, W. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Materi Musik Ansambel Berbasis Android bagi Siswa SMP. Seminar Nasional Pascasarjana, 2019, 207–215. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/622/540

Sma, D. I., & Yogyakarta, N. (2015). Hubungan Antara Pemahaman Teori Musik Dengan Teknik Bermain Dalam Pembelajaran Ansambel Musik. 1–8.

Sofiyanti, E. (2016). Peningkatan Kreativitas Bermain Musik Ansambel Dengan Metode Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Tindakan Kelas, 6(3), 1–6.

Wicaksono Jati, M., Bramantyo, T., & Tyasrinestu, F. (2023). Pembelajaran Teori Musik Dengan Media Ansambel Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Wates. 17(2), 502–514. https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA

Published

2024-02-15

How to Cite

Dawati, D. R., & Lumbantoruan, J. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Ansambel Pianika Menggunakan Metode Latihan di Kelas VII.3 di SMP Negeri 1 Kinali. EDUMUSIKA, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/em.v2i1.48