Metode Latihan Dalam kegiatan Ekstra Kurikuler Marching Band Di SMA Kartika 1-5 Padang

https://doi.org/10.24036/em.v2i3.91

Authors

Keywords:

metode; ekstrakurikuler; Marching Band;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana metode latihan yang dipakai dalam Kegiatan Ekstrakurikuler  Marching Band SMA Kartika 1-5 Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dari tahapan mereduksi data, menyajikan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa metode Latihan yang dipakai dalam kegiatan Ekstrakurikuler Marching Band SMA Kartika 1-5 Padang yakni terdiri dari metode ceramah, metode demonstrasi, metode drill. Metode ceramah digunakan pada saat membuka kegiatan diawal pertemuan. Pelatih menjelaskan secara umum kepada seluruh anggota Marching Band bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan harus diikuti dengan sungguh-sungguh dan mengikuti setiap latihan dengan baik. Metode demonstrasi digunakan untuk memberikan contoh dengan memperagakan dengan memainkan musik dengan baik. Metode drill digunakan untuk memberi bimbingan secara intensif kepada anggota dengan mengajak pada bagian-bagian lagu yang belum dikuasi dengan baik. Pada pelaksanaannya kegiatan ekstrakurikuler di SMA 1-5 Padang dilakukan setiap hari Sabtu pukul 08.00-11.00 WIB. Musik yang sering dimainkan antara lain lagu Indonesia Raya, Mars SMA Kartika 1-5 Padang, mengheningkan cipta, dan hymne guru. Pelatih kegiatan Ekstrakurikuler Marching Band SMA Kartika 1-5 Padang terdiri dari 3 orang yang bertanggung jawab untuk melatih bagian alat musik perkusi, alat musik melodi, dan pelatih baris berbaris menggunakan atribut bendera dan tongkat mayoret.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angioni, S. A., Giansante, C., Ferri, N., Ballarin, L., Pampanin, D. M., Marin, M. G., Bargione, G., Vasapollo, C., Donato, F., Virgili, M., Petetta, A., Lucchetti, A., Cabuga Jr, C. C., Masendo, C. B. ., Hernando, B. J. ., Joseph, C. C. ., Velasco, J. P. ., Angco, M. K. ., Ayaton, M. A., … Barile, N. B. (2021). PENERAPAN LATIHAN DASAR PERCUSSION LINEPADAMARCHING BAND ANDAM DEWI KABUPATEN BENGKALIS PROVINSI RIAU. Fisheries Research, 140(1), 6.

Cecep, C., Thosin Waskita, D., & Sabilah, N. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI MELALUI METODE DEMONSTRASI. Jurnal Tahsinia, 3(1). https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.313

Hafif, H. (2016). Kompleksitas Seni Dalam Kegiatan Marching Band. Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 12(1), 95–108.

Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue September).

Hidayat, R., Mujiburrahman, Habiburrahim, & Silahuddin. (2024). Metode Pembelajaran Pendidikan Islam. EL-Hadhary: Jurnal Penelitian Pendidikan Multidisiplin, 2(01), 34–47. https://doi.org/10.61693/elhadhary.vol201.2024.34-47

Julio. (2016). PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND DI SMAN 2 LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM. 1–23.

Karyono, T. (2016). Pengaruh Metode Latihan dan Power Otot Tungkai Terhadap Kelincahan Bulutangkis. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1), 49–61.

Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97

Konsep, K., & Implementasinya, D. A. N. (2016). Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH : Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X. 1(2), 125–134.

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. (2008). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA, المجلد 49(المجلة الع ا رقية للعلوم), 69–73.

Rahma, Daniah, A. (2022). Berbantuan Media Bulletin Board Display Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 11(1), 1–12.

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

Wahyuni, N. (2013). Penggunaan metode drill dalam pembelajaran matematika. 02, 399–406.

Wirabumi, R., Pascasarjana, S., Ibn, U., & Bogor, K. (n.d.). Metode Pembelajaran Ceramah. I(I), 105–113.

Published

2024-08-21

How to Cite

syukrillah, muhammad iqbal, & Yensharti. (2024). Metode Latihan Dalam kegiatan Ekstra Kurikuler Marching Band Di SMA Kartika 1-5 Padang. EDUMUSIKA, 2(3), 190–201. https://doi.org/10.24036/em.v2i3.91