Pembelajaran Biola Di Lembaga Kursus Purwacaraka Music Studio Padang
Keywords:
Pembelajaran, Biola Lembaga Kursus, Purwacaraka PadangAbstract
Purwacaraka Music Studio Padang adalah salah satu lembaga kursus yang bergerak dibidang instrumenmusik dan vocal. Biola diajarkan di Purwacaraka Music Studio Padang. Tujuan penelitian iniuntuk mendeskripsikan proses belajar dan pembelajaran instrumen biola di Purwacaraka Music Studio Padang.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan menggunakan berbagai teknik seperti observasi, wawancara, dandokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran biola mengikuti disuusn oleh tim divisi kurikulum dari pusat. Tujuan pembelajaran memberikan keterampilan bermain biola pada murid secara bertahap dari tingkat pemula sampai lanjut. Durasi belajar selama 30 menit dan 4 kali dalam satu bulan. Materi ajar menggunakan buku Suzuki Violin School, Wohlfahrt dan ditambahkan dengan materi lagu pop. Metode pembelajaran yang digunakan metode ceramah, demonstrasi, latihan, tanya jawab, dan pemberian tugas. Strategi pendekatan yang diberikan senyaman mungkin bagi murid-muridnya dengan beberapa perbincangan ringan. Media pembelajaran meliputi biola, papantulis, buku, ruanganac, metronom, speaker, dan jejaring sosial (Youtube, zoom). Evaluasi dilakukan sekali 3 bulan disebut three wulan dan kenaikan grade sekali setahun. Sekali sebulan juga mengadakan performing class berupa jamming dari murid-muridnya.
Downloads
References
Djamarah, S., B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Grafura, L., & Wijoyanti, A. (2014). Metode & Strategi Pembelajaran Yang Unik.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Husamah., Pantiwati, Y., Restian, A., Sumarsono, P. (2016). Belajar Dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Jingga, Z., K. (2010). Alat Musik Biola. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan
Moleong, L., J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.
Nursalim. (2020). Manajemen Belajar Dan Pembelajaran. Bantul: Lontar Mediatama
Ramadhani, R. (2021). Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Biola Di Gilang Ramadhan Studio Band Padang. e-Jurnal Sendratasik, vol. 10(1), hal. 195-201. ISSN: 2302-3201
Setiawan, E. (2020). Metode Pembelajaran Piano Di Purwacaraka Musik Studio Padang. e-Jurnal Sendratasik, vol. 9(4), hal. 89-97. ISSN: 2302-3201
Suci, N., T. (2016). Pembelajaran Biola Untuk Anak Di Melodi Music School Surakarta. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, 0 (0), 1-13.
Utari, T. (2021). Belajar Drum Bagi Anak Usia Dini Di Purwacaraka Music Studio Padang. e-Jurnal Sendratasik, vol. 10(2), hal. 82-89. ISSN: 2302-3201
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 EDUMUSIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.