Pembelajaran Biola Di Lembaga Kursus Purwacaraka Music Studio Padang

https://doi.org/10.24036/em.v1i1.8

Authors

  • Wahyudi Prodi Pendidikan Musik, Universitas Negeri Padang Indonesia
  • Yensharti Prodi Pendidikan Musik, Universitas Negeri Padang Indonesia

Keywords:

Pembelajaran, Biola Lembaga Kursus, Purwacaraka Padang

Abstract

Purwacaraka Music Studio Padang adalah salah satu lembaga kursus yang bergerak dibidang instrumenmusik dan vocal. Biola diajarkan di Purwacaraka Music Studio Padang. Tujuan penelitian iniuntuk mendeskripsikan proses belajar dan pembelajaran instrumen biola di Purwacaraka Music Studio Padang.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan menggunakan berbagai teknik seperti observasi, wawancara, dandokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran biola mengikuti disuusn oleh tim divisi kurikulum dari pusat. Tujuan pembelajaran memberikan keterampilan bermain biola pada murid secara bertahap dari tingkat pemula sampai lanjut. Durasi belajar selama 30 menit dan 4 kali dalam satu bulan. Materi ajar menggunakan buku Suzuki Violin School, Wohlfahrt dan ditambahkan dengan materi lagu pop. Metode pembelajaran yang digunakan metode ceramah, demonstrasi, latihan, tanya jawab, dan pemberian tugas. Strategi pendekatan yang diberikan senyaman mungkin bagi murid-muridnya dengan beberapa perbincangan ringan. Media pembelajaran meliputi biola, papantulis, buku, ruanganac, metronom, speaker, dan  jejaring sosial (Youtube, zoom). Evaluasi dilakukan sekali 3 bulan disebut three wulan dan kenaikan grade sekali setahun. Sekali sebulan juga mengadakan performing class berupa jamming dari murid-muridnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, S., B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Grafura, L., & Wijoyanti, A. (2014). Metode & Strategi Pembelajaran Yang Unik.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Husamah., Pantiwati, Y., Restian, A., Sumarsono, P. (2016). Belajar Dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Jingga, Z., K. (2010). Alat Musik Biola. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan

Moleong, L., J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.

Nursalim. (2020). Manajemen Belajar Dan Pembelajaran. Bantul: Lontar Mediatama

Ramadhani, R. (2021). Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Biola Di Gilang Ramadhan Studio Band Padang. e-Jurnal Sendratasik, vol. 10(1), hal. 195-201. ISSN: 2302-3201

Setiawan, E. (2020). Metode Pembelajaran Piano Di Purwacaraka Musik Studio Padang. e-Jurnal Sendratasik, vol. 9(4), hal. 89-97. ISSN: 2302-3201

Suci, N., T. (2016). Pembelajaran Biola Untuk Anak Di Melodi Music School Surakarta. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, 0 (0), 1-13.

Utari, T. (2021). Belajar Drum Bagi Anak Usia Dini Di Purwacaraka Music Studio Padang. e-Jurnal Sendratasik, vol. 10(2), hal. 82-89. ISSN: 2302-3201

Published

2023-03-02

How to Cite

Wahyudi, & Yensharti. (2023). Pembelajaran Biola Di Lembaga Kursus Purwacaraka Music Studio Padang. EDUMUSIKA, 1(1), 50–57. https://doi.org/10.24036/em.v1i1.8